Jangan minta didoakan, tapi doakan orang lain diam-diam dengan khusyuk

Biasanya kalau ada teman yang berangkat umroh kita nitip doa, agar dia doakan kita. Tidak ada yang salah. Tapi ada yang lebih POWERFULL. Yaitu doakan dia! Doakan dia berangkat dengan selamat dan berlimpah pahala kebaikan serta rezeki.

Diriwayatkan oleh al-Imam Muslim dari Shafwan, ia adalah Ibnu ‘Abdillah bin Shafwan, dan umur ad-Darda’ di bawahnya, beliau berkata: “Aku pergi ke Syam dan mendatangi Abud Darda’ Radhiyallahu anhu di rumahnya, tetapi beliau tidak ada di rumah, yang ada hanyalah Ummud Darda’ رَحِمَهَا اللهُ تَعَالَى, ia berkata: ‘Apakah tahun ini engkau akan pergi haji?’ ‘Ya,’ jawabku. Dia berkata: ‘Do’akan kami dengan kebaikan, karena Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لأَخِيْهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ. كُلَّمَا دَعَا ِلأَخِيْهِ بِخَيْرٍ، قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ: آمِيْنَ. وَلَكَ بِمِثْلٍ.

‘Do’a seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang dido’akannya [1] adalah do’a yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada Malaikat yang menjadi wakil baginya. Setiap kali dia berdo’a untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka Malaikat tersebut berkata: ‘Aamiin dan engkau pun mendapatkan apa yang ia dapatkan.’”

‘Abdullah berkata: “Lalu aku pergi ke pasar dan bertemu dengan Abud Darda’ Radhiyallahu anhu, lalu beliau mengucapkan kata-kata seperti itu yang diriwayatkan dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam

Jadi kalau mau dapat rumah, doakan temanmu (sebut namanya) agar dapat rumah. Kalau mau dapat jodoh, doakan temanmu (sebut namanya) agar dapat jodoh. Kalau mau dapat bonus, doakan temanmu atau kompetitormu meraih bonus. Sudi? Ikhlas?

Simak dulu kisah di bawah ini:

Ada seorang Direktur BPRS yang sering mendapatkan penghargaan setiap tahun, begitu ditanya rahasianya apa beliau enggan bicara. Tapi setelah didesak baru beliau buka rahasianya:

“Setiap subuh saya bawa Map berisi kertas daftar nama nasabah saya. Bada subuh saya doakan satu per satu agar rezekinya dimudahkan, keluarganya harmonis, usahanya lancar. Alhamdulillah tidak ada 1 pun nasabah saya yang telat bayar cicilan. Malah banyak yang bayar sebelum batas waktunya.”

Dahsyat bukan?

Yuk jangan sungkan doakan temanmu, kompetitormu. Doakan DIAM-DIAM dengan khusyuk. InsyaAllah kebaikannya akan berbalik kepada kita. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *